Tips Aman Berbelanja Online

Share Button

Belanja-Online

Kali ini saya mau sharing pengalaman + tips aja. Dua tahun belakangan ini saya manfaatin internet sebagai ladang untukย  berjual-beli. Dari monitor LED, hp, kamera, flashdisk, dvd games, baju, dsb saya pernah beli dari internet, terutama dari FJB Kaskus. Nah sekarang saya mau share bagaimana tips berbelanja online yang aman dan jauh dari penipuan. Alhamdulillah, selama ini saya masih diberkahi Allah sehingga tidak pernah kena tindak penipuan. Okeh langsung saja..

1. Cari toko online yang pasti-pasti aja

Contohnya adalah Bhinneka, Rakuten, Lazada, Enterkomputer, Rakitan.net, Focusnusantara, Tokocamzone. Nah itu beberapa toko online yang menurut saya terpercaya, coba aja lihat beberapa testimoni dari para buyer mereka.

2. Tapi, Saya mau belanja di FJB Kaskus dan Tokobagus, terpecaya gak ya?

Nah kenapa saya ga bilang FJB Kaskus dan Tokobagus itu salah satu toko online yang terpercaya? Ya, karena keduanya adalah marketplace, pasar online yang para penjualnya adalah dari berbagai kalangan dan dari daerah mana saja. Jadi, ga semua penjual di sana adalah orang yang jujur, ada beberapa oknum nakal yang memanfaatkan booming online shopping sebagai sarana mencari duit haram.

Ciri-ciri thread penipu di Kaskus/TokoBagus:

  • Judul thread biasanya langsung mencantumkan nomor hp. (kebanyakan dan TIDAK semua!)
  • Thread/lapak yang kurang lengkap dan terkesan tidak rapih. (Memakai font yang tebal, besar, berwarna, dll)
  • Hati-hati dengan yang mengaku-ngaku menjual Barang BM dari Batam
  • Harganya gak rasional/ gak masuk akal. Jadi jangan percaya dengan harga murah, kecuali barang tersebut adalah barang bekas/refurbish.
  • Gambar produk biasanya ngambil dari Google atau comot punya orang lain.
  • Banyak alasan sehingga gak mau ketemuan/COD (cash on delivery)
  • Thread nya lebay, sampe mencantumkan izin dagang dan KTP segala.

Contoh thread penipu Kaskus, bisa dilihat disini

Penipu Kaskus

Nah, Kalau di Toko Bagus, untungnya ada fitur verified seller. Dan membeli pada verified seller pasti lebih aman, dan jikapun kamu punya masalah sama seller yang verified, Toko Bagus punya data seller tersebut. Contoh verified seller tokobagus:

kedaikamera

3. Barang yang saya mau beli cuma ada di FJB Kaskus, gimana?

Sebelum kamu mentransfer uang ke seller, coba search dulu nomor hp atau nomor rekening seller di Google atau di Datapenipu.com. Contohnya disini saya akan search salah satu nomor hp seller di Kaskus yang terindikasi penipu: “081947666640“. Dan hasilnya.. taraaa….

hp penipu

Nah lihat sendiri kan hasilnya…

4. Trus kalau saya udah search di Google dan gak ada hasil gimana?

Coba cek testimoni dari kaskuser yang telah bertransaksi dengan seller tersebut sebelumnya, dan tanyakan tentang seller tersebut kepadanya jika kamu masih ragu

5. Kalau seller nya tidak punya testimoni?

Wah gimana ya.. susah juga. Kembali lagi deh ke point 1, yang pasti-pasti aja! Hehehehe ๐Ÿ˜€

6. Nah kalau online shop di Facebook gimana tuh?

Menurut saya kalau kamu mau beli laptop, handphone atau elektronik lainnya jangan di online shop yang bertebaran di facebook deh. Apalagi online shop yang suka ngetag gambar/foto produk. Biasanya mereka ngaku-ngaku jual barang BM dan berasal dari sekitar Batam gitu ngakunya. Tapi kalau kamu cuma mau beli baju atau parfum, online shop di facebook masih banyak yang terpercaya. Salah satu contoh online shop yang terindikasi penipu:

ol shop fb

 

7. Kalau online shop di BBM?

Aduh maaf, saya gak punya Blackberry. Jadi ga punya pengalaman deh beli barang lewat online shop di BBM. :p

8. Kalau online shop lain kayak bla-bla-shop.com itu gimana ya?

Wah ini yang bahaya, kebanyakan buyer yang baru di dunia online shop terjebak di sini. Nih beberapa contoh online shop yang terindikasi penipu, ini adalah hasil dari investigasi saya sendiri:

  • http://lestarionlineshop.com/
  • http://www.bataviashoping.com/toko/
  • http://pinangfhone.com/
  • http://anugerahelektronik.com
  • http://orientalsmartphone.com
  • http://graha-shop.com/
  • http://panbilelektronika.com/
  • http://www.lautancentralelektronik.com/
  • http://tokobagusphone.com/toko/
  • http://www.surgaelektronik.com/toko/
  • http://batarashoping.com/
  • http://www.garudaplazashop.com/toko/

Lihat deh kayaknya website-website ini dipegang oleh satu komplotan. Buktinya website-website ini memiliki struktur kata yang hampir sama, pemilihan domain, CMS engine yang digunakan (WordPress) dan theme wordpress yang di gunakan (Okezoner Theme) yang sebenarnya diperuntukkan untuk Amazon Associate Blog.

Agak susah untuk mentracing pemilik domain tersebut, soalnya domainnya memakai Privacy Protect dan website-website tersebut hostingnya berbeda. Dan saya yakin, itu hanya beberapa saja. Masih banyak website-website penipu lain yang bertebaran.

9. Terakhir, Saya udah ikutin tips-tips diatas, tapi barang yang saya pesan kok belum sampai juga?

Jangan langsung menjudge sellernya, siapa tahu itu karena kesalahan dari pihak ekspedisi, misalnya Tiki/JNE.ย  Coba aja tracking nomor pengiriman kalian di www.jne.co.id atau tiki-online.com. Jika tidak ada dalam database pengiriman, nah baru deh tanya sellernya.

 

Nah sekian dulu tips aman berbelanja online dari saya, mudah-mudahan bermanfaat buat kalian semua. Oh ya, jika kalian masih ragu dan ingin bertanya tentang online shop yang akan kalian kunjungi, silahkan jangan sungkan untuk bertanya ke saya di halaman Contact. Insya Allah, nanti saya akan memberikan analisis (cielah..) terhadap online store tersebut. Terima kasih ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *