Review Travel/Shuttle Jakarta-Bandung

Share Button

Sebagai orang Tangerang yang bekerja di Bandung, maka saya sudah lazim melakukan perjalanan Tangerang-Bandung minimal 1x sebulan. Saya cenderung memilih travel/shuttle daripada bus karena pertimbangan Terminal Bus Leuwi Panjang Bandung itu jauh dari tempat singgah saya di Bandung.

Berbagai travel/shuttle sudah saya coba, nah kali ini saya akan membagikan pengalaman menggunakan beberapa travel/shuttle dari Jakarta/Tangerang ke Bandung. Review saya sajikan secara objektif berdasarkan pengalaman saya.

CitiTrans

Armada CitiTrans (sumber: traveloka.com)

Saat ini CitiTrans sudah diakuisi oleh Blue Bird Group dan merupakan salah satu travel yang sering saya gunakan ketika awal-awal penempatan kerja di Bandung, karena harganya saat itu masih promo (era Juni-Agustus 2018). Cabangnya juga banyak tersebar di Jakarta & Tangerang. Merupakan salah satu yang ternyaman dan merupakan yang harganya paling menyita isi dompet dengan kapasitas kursi berisi 8 penumpang.

Dari segi pelayanan CitiTrans merupakan salah satu yang terbaik, dengan adanya informasi ke penumpang melalui sms/telepon jika armada mengalami keterlambatan dan akan ditawarkan opsi jadwal lain yang lebih dahulu jika ada seat kosong. Kantor agen pemberangkatan CitiTrans juga merupakan yang termewah dibandingkan shuttle lain, dengan banyaknya kursi tunggu penumpang dan beberapa sofa yang empuk, serta semua dilengkapi pendingin ruangan. Pembelian online via aplikasi resmi atau Traveloka lebih murah ketimbang membeli langsung di counter keberangkatan.

Armada: Toyota Hiace
Seat: 8 Captain Seat
Kursi Favorit: Seat 3 & 4

Complimentary: 1 Botol Air Mineral 600 ml, tersedia port USB charger di setiap seat
Harga: 150 ribu ++
Rescheduleable: NO

Jackal Holidays

Armada Jackal Holidays (sumber: Official Jackal Holidays)

Awalnya Jackal Holidays merupakan operator penyedia bus pariwisata dan sekarang ini sudah mengembangkan lini bisnisnya untuk membuka shuttle. Salah satu shuttle yang sering saya gunakan akhir-akhir ini, karena menawarkan alternatif opsi shuttle yang senyaman CitiTrans namun dengan harga lebih murah (apalagi jika belinya di aplikasi RedBus), bahkan sempat di beberapa shuttle terdapat free wifi yang kencang, namun entah kenapa sekarang dicabut, ditambah agen Jackal Holidays merupakan agen shuttle yang terdekat dengan tempat singgah saya di Bandung.

Dari segi pelayanan Jackal Holidays merupakan salah satu yang terbaik, dengan adanya informasi ke penumpang melalui sms/telepon jika armada mengalami keterlambatan dan akan ditawarkan opsi jadwal lain yang lebih dahulu jika ada seat kosong. Namun, cabang Jackal Holidays masih belum sebanyak CitiTrans, saya harap Jackal Holidays membuka cabang di Ciater/BSD Tangerang.

Armada: Toyota Hiace
Seat: 8 Captain Seat
Kursi Favorit: Seat 4 & 5
Complimentary: 1 Botol Air Mineral 600 ml, tersedia port USB charger di setiap seat
Harga: 130 ribu
Rescheduleable: NO

Lintas Shuttle

Armada Lintas Shuttle (sumber: skyscrapercity.com)

Merupakan ‘reinkarnasi’ dari travel Cipaganti yang pernah menjadi ikon shuttle Kota Bandung. Saya sangat sering menggunakan Lintas Shuttle akhir-akhir ini, walau seat penumpangnya lebih banyak dari CitiTrans dan Jackal Holidays, tetapi Lintas Shuttle merupakan shuttle yang belum pernah mengecewakan saya sampai saat ini untuk shuttle sekelasnya (10 seat ke atas), dalam artian saya belum pernah mengalami delay yang parah (di atas 30 menit) selama menggunakan Lintas Shuttle, dan drivernya ramah-ramah.

Rekor saya dengan Lintas Shuttle adalah dari BSD ke Pasteur hanya ditempuh selama 2 jam 25 menit di tengah proyek tol Cikampek Elevated. Lintas Shuttle juga salah satu shuttle yang membuka rute hingga ke Bogor, dimana shuttle lain belum membuka rute sampai ke Bogor.

Armada: Toyota Hiace
Seat: 10 Standart Seat
Kursi Favorit: Seat 1 &7
Complimentary: 1 Botol Air Mineral 330 ml
Harga: 115 ribu (rute Jakarta), 125 ribu (rute BSD & Bogor)
Rescheduleable: YES (maksimal 3 jam sebelum keberangkatan

X-Trans

Armada X-Trans (sumber: tribunnews.com)

Seperti Lintas Shuttle, akhir-akhir ini saya juga sering menggunakan X-Trans. X-Trans merupakan shuttle yang paling dekat dengan kantor Jakarta (Telkom Gatot Subroto Semanggi). Dengan slogannya “pelopor on-time shuttle”, X-Trans menyediakan jadwal keberangkatan yang banyak ke berbagai tempat di Jakarta, Tangerang dan Bekasi hingga Serang, Banten. X-Trans ini armadanya sangat banyak dan berbagai tipe, ada yang armada dengan kursi 10 seat dan 12 seat. Armada dengan kursi 10 seat ada yang berkonfigurasi kursi 1-1 (rute ke BSD dan Bandara) atau 3-3. Makanya walau sudah memilih seat favorit, terkadang armada yang datang tidak sesuai harapan dan posisi bisa berbeda dari seating plan yang ada di aplikasi.

Pengalaman saya selama ini pernah dikecewakan 2x oleh X-Trans, yaitu pernah delay 2 jam tanpa pemberitahuan sebelumnya sehingga saya menunggu lama di agen Bintaro, yang kedua saat saya naik dari agen BSD, armada yang akan saya naiki harus ditukar karena mengalami kerusakan, sehingga saya harus menunggu armada pengganti lagi selama 1 jam.

Namun, rekor tercepat perjalanan Bandung-Jakarta saya pernah dicetak 2x oleh X-Trans ini yaitu 2 jam 20 menit. Ditambah yang saya suka dari X-Trans ini adalah durasi istirahat di rest area nya merupakan yang paling singkat dibanding shuttle lainnya, karena sebenarnya X-Trans masuk rest area hanya untuk isi bensin dan cek point oleh checker, dan jika tidak ada penumpang yang keluar mobil untuk ke toilet atau membeli makanan, selesai isi bensin langsung lanjut lagi, jadi tidak menunggu supir istirahat atau prosedur-prosedur lainnya.

Armada: Hino Dutro Minibus Long atau Isuzu Elf
Seat: 10 / 12 seat (lebih lebar daripada seat pada Toyota HiAce)
Kursi Favorit: Seat 2,3,4,5,6,7 (Kursi 10 konfigurasi 1-1)
Seat 2,4,10 (Kursi 12)
Complimentary: 1 Botol Air Mineral 330 ml
Harga: 105 ribu (rute Jakarta), 120 ribu (rute BSD)
Rescheduleable: YES

DayTrans

Armada DayTrans (sumber: tribunnews.com)

Beberapa hari yang lalu, saya baru mencoba shuttle ini. Shuttle yang identik dengan warna merah ini juga memiliki banyak tujuan ke Jakarta dan Tangerang. Terkadang DayTrans juga menyediakan armada bus dengan harga lebih murah, karena DayTrans sejatinya merupakan salah satu lini bisnis dari White Horse Group, salah satu operator bus pariwisata.

Karena saya baru mencoba sekali shuttle ini dan Alhamdulillah saya cukup puas, keberangkatan on time serta pegawai dan supir yang ramah.

Armada: Toyota HiAce atau Big Bus White Horse.
Seat: 14 standard seat (Toyota HiAce)
Kursi Favorit: Seat 1 (Toyota Hiace)
Complimentary: 1 Botol Air Mineral 600 ml
Harga: 110 ribu (rute Jakarta), 100 ribu (rute BSD), 120 ribu (rute TangCity)
Rescheduleable: YES

BimoTrans

Armada BimoTrans (sumber: kaskus.co.id)


BimoTrans merupakan satu-satunya shuttle dari Bandung yang menuju ke Pamulang, Tangerang Selatan dan merupakan shuttle yang terdekat dari rumah saya di Tangerang Selatan. Pengalaman terakhir saya menggunakan shuttle ini dua kali berturut-turut mendapatkan supir yang ngantuk (beda supir), ngeri banget pokoknya, soalnya saya duduk di seat 1 atau samping supir. Sebelum-sebelumnya baik saja, karena saya beberapa kali menggunakan shuttle ini.

Bagi yang tinggal di sekitar Pamulang dan Gaplek, BimoTrans bisa menjadi pilihan. Sampai saat ini, BimoTrans hanya membuka rute ke Pamulang saja, via Ciputat dan Gaplek. Yang saya salut dari shuttle ini, walau terbilang tidak sebesar shuttle lainnya dan armadanya terbatas, tetapi mereka tetap memberangkatkan penumpang walau hanya 1 atau 2 orang, saya pernah naik BimoTrans dari Dipatiukur Bandung isinya cuma 2 orang saja.

Armada: Toyota HiAce atau Isuzu Elf.
Seat: 14 standard seat
Kursi Favorit: Seat 1
Complimentary: No
Harga: 125 ribu
Rescheduleable: YES

Baraya Travel

Armada Baraya Travel (sumber: travelxtrans.com)

Baraya Travel merupakan salah satu shuttle yang ekonomis baik dari segi harganya maupun lebar seatnya :D. Mungkin karena ada harga ada rupa, ya jangan harap kenyamanan lebih dibanding shuttle yang harganya lebih mahal. Tinggi badan saya 170 cm dan ya sudah cukup sekali saja menggunakan shuttle ini, karena kaki saya mentok gak bisa selonjoran akibat jarak antar seat depan dan belakang cukup sempit, sehingga ketika sampai turun di Surapati kaki saya pegel-pegel deh.

Walau katanya shuttle ini sering telat parah, tapi waktu saya menggunakan shuttle ini terakhir kali tidak telat parah kok, hanya 30 menit dari jadwal yang ditentukan. Kelebihannya shuttle ini banyak agennya di Jakarta dan Tangerang dengan harga yang paling murah dibanding shuttle lainnya.

Armada: Isuzu Elf.
Seat: 16 standard seat
Kursi Favorit: –
Complimentary: No
Harga: 90 ribu
Rescheduleable: No Information

Aragon Transport

Shuttle yang tergolong masih baru ini saya coba beberapa minggu lalu. Waktu itu, hanya saya sendiri saja penumpangnya, serasa mobil pribadi deh jadinya. Saat ini hanya memiliki satu cabang di WTC Matahari Serpong jika dari arah Jabotabek. Namun, berdasarkan hasil ngobrol saya dengan supir, bahwa shuttle ini akan mengembangkan sayapnya ke Depok dan Bogor, ditambah akan menambah shuttle dengan armada kursi captain seat. Saat saya naik kemarin juga shuttle ini tidak memiliki checker di rest area tol, jadi shuttle tidak akan masuk ke rest area jika tidak ada permintaan dari penumpang.

Armada: Toyota Hiace
Seat: 10 standard seat
Kursi Favorit: 1,7
Complimentary: Air mineral 330 ml.
Harga: 115 ribu (promo launching 85 ribu)
Rescheduleable: YES

Demikian pengalaman saya dengan beberapa shuttle/travel yang melayani rute Jakarta/Tangerang-Bandung, tidak ada niat apapun dari saya untuk promosi atau mengungkit keburukan dari masing-masing shuttle/travel, saya buat berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *