Pengalaman Mengikuti Seleksi Great People Trainee Program (GPTP) VII Telkom Indonesia 2018

Share Button

Sudah lama ya saya tidak menulis di blog ini, terakhir kali tulisan di blog ini saat saya masih kuliah, dan Alhamdulillah sekarang sudah lulus dan bekerja. Oh iya tulisan ini bertujuan untuk sharing pengalaman saya mengikuti seleksi Great People Trainee Program (GPTP) Batch VII tahun 2018, dan saat ini, saya sudah mendapat SK pengangkatan karyawan tetap. Perlu diketahui, saya masuk GPTP Telkom melalui jalur Campus Hiring Undip.

SABTU, 10 FEBRUARI 2018 (APPLY DI WEBSITE UCC)

Rangkaian kisah saya ini diawali pada tanggal 10 Februari 2018 saya mengapply salah satu lowongan di situs campus career center kampus saya, yaitu Undip Career Center (UCC). Judulnya disana adalah “Calon Karyawan Telkom – Talent Scouting”, link nya sampai saat ini masih bisa diakses di sini. Saat itu jujur saja saya sudah empat bulan bekerja di salah satu anak perusahaan dari Astra Group dan sudah diangkat menjadi karyawan tetap :’), namun saat melihat ada lowongan tersebut di situs UCC, saya langsung saja klik “Apply”, ya tak pikir iseng-iseng berhadiah lah, kalau lolos Alhamdulillah, kalau tidak ya tidak apa, kan saya sudah kerja, pikir saya saat itu.

SELASA, 27 FEBRUARI 2018 (APPLY DI WEBSITE REKRUTMEN TELKOM)

Tak disangka, ternyata saya lolos seleksi berkas, ditandai pada tanggal 27 Februari ada e-mail invitation dari Telkom untuk membuat akun di situs resmi rekrutmen Telkom (https://rekrutmen.telkom.co.id). Saya buat akun disana, mengisi CV dan apply lagi untuk seleksi Campus Hiring GPTP VII. Perlu diketahui pula, tidak semua yang apply di UCC itu mendapat e-mail invitation dari Telkom.

SABTU 3 MARET 2018 (INVITATION ASSESSMENT DAYS)

Pukul 00:00 saya baru saja tiba di rumah sepulang dari kantor, karena motor saya mengalami kerusakan dan harus berjalan pelan sehingga pulang terlambat. Saat rebahan di kamar, tiba-tiba ada e-mail masuk, heading e-mail tersebut berbunyi:

Para Peserta Seleksi Calon Karyawan PT Telkom,

Kami menyampaikan SELAMAT, Saudara dinyatakan berhak mengikuti Seleksi (Assessment Days), Rekrutmen GPTP Batch VII PT TELKOM – Sumber Campus Recruitment Tahun 2018.”

Seketika saya kaget, loh apa benar ini? Saya yang iseng apply, lolos sampai Assessment Days yang berisi Psikotest dan Focus Grup Discussion, disambung esok harinya yaitu Medical Checkup. Satu hal yang membuat saya bimbang sehingga saya tidak bisa tidur malam itu, adalah jadwal testnya yang mepet, yaitu esok lusanya, Senin dan Selasa (5-6 Maret) di SEMARANG. Posisi saya saat itu di rumah di TANGERANG SELATAN, ditambah saya sedang ada kerjaan dari kantor yang saya rencanakan akan diselesaikan hari Senin itu.

Setelah berunding dengan orang tua dan keluarga, maka diputuskan saya tetap berangkat ke Semarang hari Senin lusa. Saya izin tidak masuk kantor dua hari ke supervisor saya saat itu dan bersedia untuk masuk di hari Sabtu itu juga untuk menyelesaikan pekerjaan yang rencananya akan saya kerjakan di hari Senin. Hari Sabtu itu juga saya langsung mencari tiket pesawat ke Semarang dan hotel di sekitar tempat tes, lokasi tesnya di Telkom Learning Event Area IV.

SENIN, 5 MARET 2018 (PSIKOTES & FOCUS GROUP DISCUSSION)

Senin pagi yang cerah, saya datang ke tempat test dengan memakai setelan hitam putih khas job seeker. Saat disana saya juga bertemu dengan teman-teman seangkatan dari Sistem Komputer Undip.

Satu hal yang membuat saya agak down adalah ketika absen dan cek berkas, saya melihat skor TOEFL teman-teman lain di atas 500 semua, mungkin hanya saya yang di bawah 500, skor TOEFL saya hanya 463 dan itupun skor tahun 2016, jadi sudah hampir dua tahun berlakunya. Tapi ya sudahlah dalam pikiran saya, namanya juga ‘iseng-iseng berhadiah’.

Saat absen itu juga, pengawas bilang nanti ada tes online bahasa inggris dan tes akhir interview panel lagi minggu depannya, tapi belum tahu tanggal pastinya, duh saya yang udah kerja bingung nanti kalau izinnya gimana lagi ke atasan saya.

Psikotes dimulai pukul 07:25, agak ngaret dari jadwal pukul 07:00. Psikotes nya pun standar seperti rekrutmen perusahaan-perusahaan lain pada umumnya, ada tes koran, wartegg, dan draw a tree. Saat itu saya berhasil menyelesaikan dua halaman hitungan kertas koran, sehingga saya harus ‘nambah’ kertas lagi kepada pengawas. Saya harus maksimal disini pikir saya, karena skor TOEFL saya paling rendah daripada yang lain.

Setelah selesai psikotes, lalu dilanjutkan dengan tes bidang, kebetulan karena jurusan saya adalah Sistem Komputer, saya masuk ke bidang INF (Informatika). Berisi 10 soal yang bagi saya Alhamdulillah familiar, saya bisa menjawab dengan baik bahkan saya harus ‘nambah’ lembar jawaban. Seperti sebelumnya, saya berpikir harus maksimal di Assessment Days ini mengingat skor TOEFL saya tadi 😀 .

Selesai tes bidang, dilanjutkan tes Telkom Culture, nah untuk yang ini tes paling gampang, ada 30 soal tinggal jawab 1-5 sesuai kesesuaian pernyataan dan jawabnya menggunakan handphone masing-masing, karena peserta diarahkan ke sebuah website untuk menjawab pertanyaan. Setelah tes Telkom Culture, dilanjutkan Focus Grup Discussion, ini adalah pengalaman FGD pertama saya. Saat itu kebetulan saya mendapat kloter pertama yaitu jam 11.00-12.00, jadi tidak usah menunggu terlalu lama. FGD per group terdiri dari tujuh orang peserta, dan diawasi oleh dua orang psikolog yang hanya berbicara sebelum dan setelah FGD. Selesai FGD dan diberikan makan siang berupa nasi kotak, peserta dipersilahkan untuk pulang dan bersiap untuk esok harinya melaksanakan Medical Checkup.

SELASA, 6 MARET 2018 (MEDICAL CHECKUP)

Medical Checkup dilaksanakan di E-Labs, Semarang yang merupakan milik Yayasan Kesehatan (YAKES) Telkom. Medical Checkup pun standar dari mulai cek gula darah, urin, detak jantung, mata, audiometri, tinggi-berat badan. Namun yang sedikit ‘annoying’ bagi saya adalah saat tes di bagian dokter umum, disana harus membuka seluruh celana saya agar dokter bisa melihat apakah terdapat ambeien atau tidak. Namun dokter bilang prosedur seperti ini harus dilakukan, karena memang merupakan permintaan dari Telkom sendiri, oke lah pikir saya. Selesai medical checkup saya kembali ke hotel dan langsung bergegas ke Bandara Ahmad Yani, karena esok hari saya harus sudah bekerja kembali di Jakarta.

RABU, 7 MARET 2018 (E-MAIL TES ONLINE BAHASA INGGRIS)

Pada tanggal 7 Maret, mendapatkan e-mail yang berisi reminder untuk tes online bahasa inggris yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2018.

SABTU, 10 MARET 2018 (TES ONLINE BAHASA INGGRIS)

Tes online bahasa inggris terbagi dua sesi, pertama Data Validation pukul 09.00. Data Validation bertujuan untuk mengetes koneksi yang akan kita gunakan dalam tes online sesungguhnya, perangkat dan koneksi yang digunakan saat Data Validation dan tes sesungguhnya harus sama. Kemudian yang kedua adalah tes online sesungguhnya pukul 14.00. Soalnya pun? Hmmm.. saya sampai berpikir wah ini mah gak bakalan lolos. Standar soal bahasa inggrisnya menurut saya sudah di atas TOEFL.

Di hari ini pun saya mendapat e-mail pemberitahuan mengenai tes interview panel. Saya dijadwalkan di hari Kamis, 15 Maret 2018 bertempat di lokasi yang sama seperti psikotes sebelumnya. Duh bakal izin lagi ini mah :’). Kemudian saya mencari tiket pesawat keberangkatan termalam ke Semarang pada hari Rabu, 14 Maret 2018 nya, saya berencana dari kantor langsung ke bandara.

KAMIS, 15 MARET 2018 (TES INTERVIEW PANEL)

Tiba pukul 06.30 di tempat tes dari tempat saya menginap, saat itu bukan di hotel lagi, tapi di kos sahabat saya, Gilang (dahulu itu juga kos saya semasa kuliah 😀 ). Di tempat tes disodorkan surat pernyataan yang harus ditandatangani di atas materai, surat tersebut berisi perjanjian ikatan dinas jika nanti lolos seleksi dan denda yang akan dikenakan jika mengundurkan diri sebelum ikatan dinas berakhir.

Interview dilakukan masing-masing kloter satu orang, tiap orang rata-rata satu jam, dan ternyata saya mendapat urutan terakhir hari itu 🙁 . Kemudian saya minta dimajukan, dikarenakan khawatir kesorean, karena sore harinya harus mengejar jadwal pesawat untuk kembali ke Jakarta.

Interview dilakukan oleh tiga orang, satu dari psikolog, satu dari HRD, satu dari Senior Leader di bidang IT (karena bidang saya INF). Interview seputar CV, pengalaman saat kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kerja dan juga jawaban kita dari tes bidang tempo hari.  

SABTU, 24 MARET 2018 (KABAR ITU TIBA)

Pagi hari sekitar pukul 6, saya sedang menyantap nasi goreng buatan ibu, e-mail pengumuman itu datang. Saya buka e-mail tersebut dengan jantung dag dig dug. Ketika file attachment pdf terunduh, saya langsung menuju halaman akhir, karena urutan nama berdasarkan abjad, dan nama saya berawalan abjad ‘U’.

Nama saya ‘ULIL ALBAB RABBANI’ tertulis disana, ya saya lolos seleksi Campus Hiring GPTP VII yang awalnya saya anggap hanya ‘iseng-iseng berhadiah’ semata.

E-mail pengumuman diikuti dengan e-mail undangan untuk mengikuti program GPTP VII yang akan dimulai pada Minggu, 1 April 2018.

SENIN, 26 MARET 2018 (RESIGN)

Saya mengajukan permohonan undur diri (resign) kepada supervisor dan manager saya di Astra per 30 Maret 2018. Memang berat menyampakainnya, mengingat saya tidak mengikuti aturan perusahaan yang mewajibkan one-month notice, namun saya saat itu hanya one-week notice bahkan kurang. Tetapi kantor saya saat itu tidak menghalangi niat saya untuk resign, bahkan walau tidak mengikuti prosedur, saya tetap mendapat paklaring (surat pengalaman kerja) dan pesangon yang ditransfer sebulan berikutnya. Thank you Astra untuk beberapa bulannya.

MINGGU, 1 APRIL 2018 (HARI PERTAMA)

Ini adalah hari pertama dari perjalanan saya di Telkom Indonesia. Para peserta yang lolos hingga tahap akhir baik dari jalur web gelombang 1,2 dan campus hiring dikumpulkan di Telkom Corporate University Center (Telkom Corpu), Gegerkalong Bandung untuk mengikuti rangkaian pembinaan dimulai dari pembinaan mental (BINTAL) bersama Pusdikhub Kodiklat TNI AD dan In-Class Training.

Demikian rangkaian kisah saya dalam mengikuti seleksi Campus Hiring GPTP VII Telkom Indonesia 2018, jika ada kesempatan akan saya lanjutkan pengalaman BINTAL, In-Class Training, OJT1 dan OJT2 nya.

KETERANGAN:

    • Syarat untuk lolos administrasi GPTP pada umumnya adalah TOEFL minimal 500, jadi skor TOEFL saya di atas jangan dijadikan patokan 😀 .
    • Tulisan ini tidak dapat menjadi acuan bagaimana tahapan seleksi GPTP periode selanjutnya. Tahapan tes GPTP dapat berbeda tergantung kebijakan dari HCBP Telkom Indonesia.
  • Saat saya mengikuti tes Campus Hiring GPTP VII, tidak ada sistem gugur, semua peserta yang lolos ke Assessment Days, berhak untuk mengikuti tes sampai interview panel.

150 Replies to “Pengalaman Mengikuti Seleksi Great People Trainee Program (GPTP) VII Telkom Indonesia 2018”

  1. Terima kasih kak Ulil atas sharingnya. Oiya kak mau nanya, untuk interview panelnya yg ditanyakan seputar apa saja ya kak yg lebih detailnya? Makasih sebelumnya

    1. Pokoknya seputar pengalaman kuliah, organisasi saat kuliah, dan pengalaman kerja jika ada, sama tergantung bidang mu juga, ditanyakan sesuai bidang yang dipilih. Kalau saya INF ditanya seputar bidang IT. Pertanyaan masing2 orang dapat berbeda tergantung interviewer mengarahkan kemana.

  2. Kak mau tanya buat pengumuman lolos GPTP ini hanya dikabarkan melalui email saja atau tercantum di web juga ya ? Terimakasih 🙏

    1. Kalau pengumuman jalur web via web resmi, kalau jalur campus hiring/talent scouting via e-mail masing-masing pelamar.

  3. sangat berguna banget kak!!! thanks a bunch. Anyway kak, kalau input data dan biodata keseluruhan sdh 100% dan sdh apply posisi, maka pengumumannya via email pribadi ya kak?
    Dan kalau jalurnya langsung GNTP yg bukan Campus Hiring apakah akan ada email notifikasi nya juga atau ada pengumuman berupa list gitu di web?

    1. Kalau jalur campus hiring, hasilnya tidak diumumkan via web rekrut, tapi melalui e-mail masing-masing peserta.

    2. Mas ulil mau tanya, mas kan saya lolos tahap administrasi dan akan tes online. Tapi saya kurang paham untuk bidang yg saya pilih yaitu GA. Bisa dijelasin gak mas GA itu seperti apa ?

      1. General Affairs membawahi fungsi-fungsi seperti SAS (Security & Safety), Legal, Compliance, Procurement, Sekretariat.

    3. Dear Pak Ulil, Thank you untuk berbagi pengalaman campus hiring untuk GPTP VII. Untuk bidang IT/Telco, kalau boleh tahu, study case dan pertanyaan interviewenya terkait apa saja ya pak? Selain fiber optik, apa saja ya pak yang ditanyakan? Terima kasih

  4. Ka itu data validation harus pakai perangkat yg sama maksudnya gimana ka?
    Soalnya laptop saya drumah luar kota. Jadi saya harus ke warnet ka.
    Data Validation bertujuan untuk mengetes koneksi yang akan kita gunakan dalam tes online sesungguhnya, perangkat dan koneksi yang digunakan saat Data Validation dan tes sesungguhnya harus sama.
    Itu maksudnya gimana ka?

  5. Thnk you sblmnya, kalau milih tempat magang sama tmpat tinggal beda. Tersedia enggak lokasi seleksi tes di kota kita atau harus sesuai penempatan magang kita ?

    1. Halo, kalau ttg GPIP (Great People Internship Program) saya kurang tau prosedurnya seperti apa. Yg saya ikuti kemarin itu GPTP (Great People Trainee Program) utk penerimaan karyawan.

  6. Mau tanya, untuk program ini, setelah lulus dan memasuki masa BINTAL, OJT, Dll itu masih ada seleksi sistem gugur? Atau langsung pelatihan dan menjadi pegawai tetap telkom?
    Terima kasih

    1. Ada, tapi sangat jarang yang gugur, kalau kamu tidak pernah melakukan pelanggaran berat dan selalu mengikuti ketentuan perusahaan, maka tidak akan digugurkan kok.

    1. sekarang sudah tidak bisa lagi TOEFL di bawah 500, karena di awal, saat submit data di sistem web rekrutmen sudah tertolak otomatis

      1. Kak, makasih udah sharing pengalaman. Ada yang mau aku tanya kak. Jadi aku kmrn submit data nya tapi kemudian kenapa setelah apply gitu masih ada data yg kosong ga ke isi gitu. Terus waktu mau aku isi udh ga bisa kak. Itu kenapa ya?makasih kak

  7. Mas mau tanya.. kan di persyaratan toeflnya harus 500.
    Tetapi toefl saya hanya 460. Tetapi saya nulisnya di form 500. Padahal berkas yang saya upload toefl yang 460.
    Kemudian saya lolos tahap seleksi.
    Apakah nanti pas mau psikotes akan ditanyakan berkas aslinya?

    1. Ya berkas aslinya ditunjukkan dan diminta fotocopynya ketika seleksi tatap muka langsung (psikotes dan interview panel)

        1. Lokasi Pelatihan: Pusdikhub Cimahi dan Telkom Corporate University Bandung

          Lokasi Penempatan: Seluruh Indonesia baik dari Kantor Pusat sampe STO

  8. Thank you banget sharenya kak! boleh tanya2 gak?
    kalau udah lulus pasti diangkat sebagai pegawai atau apply ulang sebagai pegawai?
    ini kan internship, bisa dibarengin kuliah gak? atau full banget?
    oya, dpet uang saku atau nggak gak? kalau boleh tahu juga uang sakunya berapa kira2? dibawah/atas/setara umr?

    1. Halo Danny… Kalau di Telkom, GPTP itu program semacam ODP/Management Trainee di perusahaan-perusahaan lain utk rekrutmen karyawan baru baik untuk fresh graduate maupun experience maksimal 2 tahun, dan hampir 100% pasti diangkat jadi karyawan tetap kalau kamu tidak melakukan pelanggaran berat, dan prosesnya gabisa dibarengin dengan kuliah karena butuh SKL/Ijazah S1/D4.

      Untuk program magang bersertifikat di Telkom ada yang namanya GPIP (Great People Internship Program) yang dimana ini pun tidak bisa dibarengin dengan kuliah karena dikhususkan untuk fresh graduate dgn umur kelulusan di bawah 1 tahun.

      Seluruh proses baik GPTP dan GPIP jika lulus tahap akhir akan mendapat uang saku dan fasilitas lainnya, namun di akhir program hasilnya berbeda. GPTP menjadi karyawan tetap, GPIP hanya status magang saja dengan waktu maksimal 6 bulan, bisa diperpanjang 1x, dan tidak ada jaminan menjadi karyawan tetap.

    1. Halo Rick, tidak ada larangan menikah selama menjalani masa training GPTP. Ada beberapa teman saya yang menikah saat masih belum diangkat sebagai karyawan tetap (OJT dan KDMP).

  9. Halo mas ulil, saya mau tanya kalo punya tato kecil di bahu (tidak kelihatan dari luar) ada kemungkinan lolos gptp apa tidak? terimakasih 🙂

    1. Halo, tidak ada ketentuan tatto, dan tidak juga sampe buka baju kok pas medcheck nya.

      1. Siang mas ulil, saya mau nanya mas. Ketika interview yg dilakukan oleh HRD, Psikolog dan salah satu Senior Leader itu adakah di test kemampuan bahasa inggris kita pada saat itu? Atau hanya sebatas test online saja test bahasa inggrisnya?

        1. Ditest menjawab pertanyaan dalam bahasa inggris, bukan mengetes kemampuan bahasa inggrisnya, karena kalau itu sudah di tes online.

  10. Sore mas, mau tanyaa. Untuk interview bidangnya itu apa ditanya teori” gitu yaa mas? Atau dikasih case study terus problem solving gitu?

    1. Sore Rara, untuk interview bidang berbeda-beda tiap bidangnya, ada yang hanya soal teori ada juga case study, kebetulan waktu saya test bidang IT lebih ke teori.

  11. Mas ulil..untuk wawancara nya menggunakan bahasa inggris tidak? Dan ada tes fisik seperti lari tidak?

    1. Wawancara menggunakan bahasa Indonesia, namun ada sesi wawancara yang harus memakai bahasa inggris. Tes kesehatan tidak ada tes kebugaran seperti lari, push up, dan semacamnya.

      1. Ketika sesi wawancara yg menggunakan bahasa inggris, apa saja pertanyaan nya mas? Mohon kasi gambarannya mas, soalnya saya masih kurang dalam listening dan speaking

  12. Terima kasih sudah mau sharing mas. Sekalian mau tanya nih mas, untuk tes bidang bagian Sales/Off 3, kira2 apa saja yg akan ditanyakan ya? Krna latar belakang pendidikan saya benar2 jauh dari bidang sales/marketing, jadi hrs belajar ekstra. Hehe
    Terima kasih sebelumnya

  13. Makasih banyak kak Ulil atas sharingnya. Boleh tanya kak, waktu kak ulil ikut ini bisa tau tidak berapa yang daftar dan berapa yang lolos administrasi dan tahap final? Makasih kak.

    1. GPTP7 seluruh jalur masuk, total pendaftar sekitar 30 ribu, yang lolos sampai final sebanyak 250 orang.

  14. halo mas, terimakasih ceritanya sangat membantu. izin bertanya2 mas untuk GPTP batch XI yang sekarang kan saya mau apply di posisi GA, untuk persiapannya apa aja ya mas untuk tes bidangnya? sama kalo skor toefl saya 497 trus di isi 500 apakah boleh? soalnya liat yang bertanya sebelumnya bisa lolos administrasi dengan cara ini. terimakasih.

    1. Halo, untuk GA sih lebih ke masalah procurement, legal dan hal-hal yang berhubungan dengan General Support. Menurut saya untuk mengakali sistem tidak masalah masukin 500 dlu, asalkan nanti ketika penyerahan berkas sesuai dengan yang diinputkan, dalam kata lain lebih baik kamu test TOEFL ulang lagi untuk mendapat skor di atas 500. Karena integritas calon peserta juga dilihat sejak awal.

  15. Mas apakah sertifikat TOEFL harus dari lembaga seperti ETS atau bisa menggunakan TOEFL yang dikeluarkan kampus/ TOEFL Prediction Test ? Mohon infonya mas 🙂

    1. Masukkan aja yang sertifikat TOEFL yang kamu punya. Sekarang sih sertifikat TOEFL tidak ditekankan, karena nanti juga ada Tes Online dari Telkom sendiri.

  16. Halo kak mau tanya, untuk lokasi penempatannya itu, itu dipilihkan secara acak atau ada tes lagi untuk menentukan penempatannya nanti ya kak?
    terimakasii kak

      1. Kak mau nanya nih,untuk regionalnya kita pilih Makassar contohnya tapi posisi kita sekarang di Maluku apakah ikuti tesnya itu nanti di Makassar ataukah gimana kak

        1. Tesnya terpusat di Kantor Regional ya, untuk regional VII itu di Makassar. Test yang sifatnya offline (di kantor regional) itu berarti kamu sudah tinggal beberapa langkah lagi, dan ada uang pengganti transport dari domisili ke lokasi tes untuk semua peserta rekrutmen.

          1. kak. mau nanya jdi yg testnya bersifat online. gpp kalau kita tes berbeda dri wilayah tes yg d pilih seblumnya. misalnya sy memilih makassar. namun sy ikut test online di bone. apa bisa kak?

          2. Sangat bisa kalau tes online dilakukan dimana saja, hanya perlu sesuaikan waktu setempat dengan zona waktu WIB ya, kalau terlewat jadwalnya, bisa dipastikan tidak bisa ikut test online.

          3. Apakah uang pengganti transport masih berlaku untuk peserta yang memang memilih lokasi tes di jakarta kak? Saya domisili di palembang dan tidak ada pilihan untuk lokasi tes di palembang, jadi otomatis saya pilih di jakarta. Apakah masih berlaku adanya pengganti uang transport?
            Terimakasih sebelumnya kak😊

          4. Berlaku penggantian uang transport kok bagi seluruh calon peserta, baik nantinya akan lolos maupun tidak.

          1. Halo kebetulan memang ada test ambeien saat MedCheck,untuk keputusan lolos tidaknya tetap kewenangan tim rekrutmen ya

  17. Halo Kak Ulil, saya ada 2 pertanyaan nih..
    1. Kak, kira-kira seorang Freshgradute bisa nggak ber-kesempatan peluang untuk ikut seleksi dan jadi karyawan Fresh Graduate melalui jalur GPTP PT. Telkom Indonesia?
    2. Saya kan FreshGraduate punya pengalaman Magang Kerja selama 6 bulan, apa hal seperti itu pihak perekrut bisa memberikan kesempatan saya untuk bisa sampai lolos ke tahap interview dll?

    Dipikirin saya, jalur ini sepertinya berkesempatan untuk orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama untuk bisa berpeluang berkarir. hehehe

    1. Halo Dina, banyak dari teman-teman seangkatan GPTP VII yang baru lulus kuliah alias Fresh Graduate (FG). Tetapi perlu ditekankan lagi, tidak semua FG memiliki kualitas dan kapabilitas yang sama. Kalau memang kamu merasa sudah banyak pengalaman (tidak harus dari dunia kerja) bisa dari pengalaman organisasi, magang, volunteer, dan sebagainya itu merupakan suatu nilai plus di mata perekrut. Jalur GPTP tidak diperuntukkan khusus untuk FG ataupun yang sudah berpengalaman, semua bisa ikut asal lolos persyaratan. Di Telkom ada jalur lain untuk merekrut karyawan professional (Pro-Hire).

  18. Kak Uli untuk GPTP sebaik nya melampirkan/menerangkan bahwa sudah mempunyai pengalaman kerja atau dibuat freshgraduates saja ? untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya. soalnya saya kuliah sambil kerja kak .

    1. Kalau untuk periode ini sih katanya gak wajib karena ada tes TOEFL sendiri dari Telkom, tp lebih bagus sih punya.

  19. Ko saya merinding dan terharu ya baca cerita pengalamanny ka ulil.. semoga saya beruntung seperti ka ulil.. aamiin melihat tahun lahir kita juga sama beda satu bulan doang hehe.

  20. bang, saya kemaren juga iseng2 nih ngisi GPTP batch yang sekarang tanpa TOEFL lagi , nah saya itu tadinya mau ke GA tuh malah keklik yang Telecommunication terus gak bisa diubah . nah barusan saya dapet undangan untuk test online , apakah bisa diubah pilihannya ke GA atau tetep Telecommnunication bang ? 🙁

    1. Klo untuk pemilihan itu sudah final, karena kan ketika kamu tombol submit ada tampilan konfirmasi bahwa segala informasi yang dimasukkan akan menjadi tanggung jawab peserta.

  21. Ka Ulil, mau tanya..
    Dulu ka Ulil di bidang apa yaah daftarnya?,
    Saya dari fisika, terus sy memilih bidang Telecommunication. Sy takut salah memilih bidang :”)

    1. Saya otomatis terdaftar di bidang INF. Campus Hiring saat itu tidak bisa pilih-pilih konsentrasi jadi langsung diplot sesuai jurusan. Klo fisika bidang telecommunication masih bisa, karena telco di Telkom itu ilmunya luas dan itungannya bisa general, yang artinya orang dari background berbagai bidang bisa mempelajarinya.

  22. Alhamdulillah terimakasih sharing pengalamannya Mas Ulil. Sebelumnya mau tanya, untuk sallary di telkon dapat berapa ya mas? Trims

  23. hai kak, selamat pagi. saat ini saya melamar GPTP dengan status karyawan perusahaan lain. Alhamdulillah lolos ke tahapan test online. jam tesnya 08.30 wib saat saya online (kebetulan saya bekerja sbg CC 147 Telkom yg tidak bisa disambi dengan melakukan hal lain saat online). apakah bisa melakukan test di jam yg berbeda pada hari yang sama? terima kasih.

    1. Untuk mengganti jadwal test bisa, tapi lama konfirmasinya. Lebih baik kamu izin saja dulu dan terus terang ingin ikut seleksi GPTP. Biasanya kalau dari outsource/pegawai kontrak baik di induk Telkom ataupun anak perusahaannya, mau ikut seleksi GPTP itu dipermudah kok, atasanmu pasti paham.

      1. Hallo Kak Ulil, salam kenal. Kebetulan kasus saya sama dengan saudara Eci, saat ini saya bekerja sebagai CC di salah satu Bank BUMN. Untuk test online saya bersamaan dengan jadwal masuk kerja, dan belum bisa ijin dikarenakan masih training. Tadi pagi saya sudah email panitia rekrutmen GPTP untuk perihal perubahan jadwal tes atau menjadikannya dalam satu hari. Alhamdulillah jawaban dari Kak Ulil sedikit menenangkan saya, mohon info Kak apabila online tesnya di lakukan di warnet dan setiap tes beda komputer apakah bisa?

        1. Kalau berbeda perangkat/komputer disarankan sih tidak ya, karena sistem akan membaca MAC Address dari Device yang bersangkutan. Tapi karena saya bukan tim rekrutmen, jadi saya tidak bisa memastikan lebih lanjut perihal peraturan ini.

  24. kak. mau nanya. kmrin kan sy alhamdulillah lulus tahap registrasi GPTP nah kan testnya bersifat online. gpp kalau kita tes berbeda dri wilayah tes yg d pilih sebelumnya. misalnya sy memilih makassar. namun sy ikut test online di bone. apa boleh kak?

    1. makasih kak jawabannya. tadinya saya khawatir. takut nggak bisa ikut tes kalau wilayahnya beda. sekarang udah tenang. 🙂 skli lgi makasih. smoga pengalaman kk bisa menular ke sy. dan bisa lulus. Aamiin. 🙂

  25. halo kak, mau nanya dong untuk tahapan seleksi GPTP tuh apa aja ya kak setelah seleksi administrasi dan online test? terus untuk test value BUMN tu maksudnya test seperti apa ya kak? Selama proses online test juga kalo kena gangguan internet sehingga mengharuskan reload page gitu kesimpen gak ya kak test kita? makasih kak

    1. Untuk tahapannya mirip seperti yang saya posting ya, tp urutannya bisa berubah-ubah tergantung kondisi dan kebijakan panitia rekrutmen saat ini. Kalau test value BUMN saya kurang tau karena memang saat saya test tidak ada itu. Kalau test online terhenti karena gangguan internet, sistem akan otomatis menyimpan, tapi lebih baik koneksi internet mu stabil.

      1. Hallo kak Ulil, ijin bertanya kak. Saya kemarin milih divisi sales (karena saya pikir di telekomunikasi dan GA tidak sesuai dgn background saya yang dari jurusan bahasa). Apakah sales di GPTP Telkom itu kayak sales2 yang nawarin produl di pinggir2 jalan atau yg kerumah2? Thank u ya kak

        1. Bukan, Job Function Sales kita ga panas-panasan buka stand jualan IndiHome kok. Lulusan GPTP dipersiapkan untuk menjadi leader di masa mendatang, mungkin saat-saat OJT akan mengalami bagaimana rasanya jualan IndiHome, baik buka stand ataupun door-to-door, tapi untuk job desknya sendiri lebih ke perancangan strategi penjualan dan biasanya sih menjadi Kepala Unit Bisnis di STO-STO.

  26. halo mas ulil, mau inta saranya nih mas,
    waktu submit/apply saya tidak mengupload sertifikat toefl, karena memang saya tidak punya
    baiknya gimana mas, apakah bisa update lagi untuk pengisian toefl nya, dengan otomatis saya harus ikut sertifikasi toefl?
    nuhun mas

    1. Update TOEFL nanti saja kalau sudah sampai tahap offline tes, silahkan dibawa sertifikat TOEFL terbaru nya.

  27. Kak Ulil mau tanya, yang tes bahasa inggrisnya kemarin GMAT tipe verbal nya ya kk seperti Sentence Correction, Critical Reasoning, dan Reading Comprehension? Hampir setipe kayak TOEFL ya kk?

  28. Halo kak, saya mau tanya dong. Jadi awalnya saya iseng buat daftar seleksi GPTP dan ternyata saya lolos tahap administrasi. Padahal jurusan kuliah saya tidak berkaitan sama sekali dengan seleksi ini. Btw saya fresh graduate lulusan fkip biologi. Kira-kira gimana ya kak? Apakah jurusan ketika kuliah akan berpengaruh terhadap hasil tesnya nanti?
    Kalau saya ngambil GA perlu menyiapkan apa aja ya? Perlu gambaran secara umum nih kak.
    Makasih sebelumnya kak.

    1. Tidak berpengaruh, job function tertentu seperti Sales, GA, Marketing terbuka untuk seluruh jurusan. Asalkan memenuhi syarat dan standar pasti bisa lolos.

    1. Riwayat penyakit seperti apa dulu nih? kalau memang penyakit tergolong berat apalagi sifatnya menular, itu menjadi pertimbangan tim rekrutmen.

  29. misi mas mau nanya, untuk proses rekruitmen tertera surat rekomendasi dari dosen/atasan apakah itu wajib ya mas? saya sendiri sudah bekerja sebenernya tp sama seperti mas saya coba daftar di telkom karena memang telkom membuka rekruitmen dan ada kesempatan untuk berkarir disini. terima kasih mas.

    1. Surat keterangan bekerja tidak diminta saat saya interview, cuma untuk jaga-jaga saya sudah persiapkan sebelumnya.

  30. halo kak, sebelumnya kerja di astra berapa lama ya ? waktu itu kakak minta surat pengalaman kerja atau memang dari pihak astra nya yang otomatis kasih suratnya kak ?
    kalau menurut kakak orang yang habis selesai masa percobaan dan memilih untuk engga lanjut kira2 bisa dapet surat pengalaman kerja nggak ya ?

    1. Saya di Astra selama 5 bulan dan sudah melewati masa probation, untuk surat keterangan kerja (paklaring), otomatis dikasih dari kantor lama.

  31. Ka mau nanya, tes online biasanya ada berapa soal ya? Terus waktu pengerjaan tes nya harus sesuai durasi yg ditentukan atau boleh selesai lebih awal?

  32. Mas untuk test mata, buta warna kaya gimana mas? Saya buta warna parsial soalnya
    Dan Kira² bisa ga ya test online nya lewat android?laptop saya lg demam soal nya hhe…
    Saya masuk tahap 1

  33. Kak mau nanya. Sya dpt jadwal tes onlinenya besok tpi Ini saya mau akses tes online sbelum waktunya tapi ko tidak bisa masuk ya.. pdhal sudah di coba pake password alternatif tpi tetap tidak bisa.. saya juga sudah mnguhubungi helpdesk tpi tidak ad balasan.
    Mohon bantuannya kak..

  34. Hallo kak, aku mau tanya. Perihal penggunaan perangkat yang sama berarti selama proses seleksi/tes online di 3 hari berturut-turut itu harus menggunakan laptop yang sama ya? Thankyou kak for sharing!

    1. Disarankan menggunakan perangkat laptop yang sama karena sistem merekam MAC Address perangkat bersangkutan.

  35. Hai kak ulil, terimakasih atas sharingnya yang sangat bermanfaat. saya lolos tahap administrasi rekrutment batch XI, dan kebetulan saya jurusan kuliah bagian IT juga, boleh tau gak kak contoh soal teori jurusannya seperti apa? apakah ditanya tentang koding2? trimakasih sebelumnya…

    1. Saat saya test, ga ada pertanyaan tentang koding gitu sih, paling disuruh menjelaskan query SQL saja. Untuk periode sekarang, test IT nya mungkin lebih ditekankan ke perkembangan IT zaman now, seperti Scrum, DevOps, Big Data, AI, ML, dll.

  36. selamat pagi mas..
    mau nanya dong kemarin kan konfirmai datanya lewat hp trus hari ini mau tes, bisa gk pndah jadi pake laptop???

    1. Kalau konfirmasi data itu cuma untuk test aja. Untuk tes selanjutnya kalau mau di laptop monggo asalkan tes yang lainnya juga nanti memakai laptop yang sama.

  37. Pagi mas ulil, mau tanya mas, di GPTP 2019 ini kan ada pilihan utk penempatannya. apakah nanti penempatan tiap orang sesuai yg dipilihnya ketika nanti lolos? Terima kasih

  38. Siang Kak, mau tanya soal persyaratan bahasa inggris. Itu hasil keputusan lolosnya diliat dari english ability test dari Telkom atau dari Toefl juga dipertimbangkan ya? karena diawal saya ga nginput nilai toefl karena belum punya. Tapi saya lolos tahap seleksi berkas.

  39. Kak mau tanya untuk tahapan interview yang kata kakak itu bahasa inggris itu untuk wawancara saat apa ya kak ? Terimakasih

    1. Pewawancara meminta kita memperkenalkan diri (saat awal) dan menjawab salah satu pertanyaan (di akhir wawancara) dalam bahasa inggris, namun tentatif ya tidak semua pewawancara.

  40. Misi kak, mau tanya.
    Untuk informasi lebih lanjut setelah tahap I tes online, apakah nantinya akan dikabari lebih lanjut bagi yg tidak lolos?
    Atau hanya yang lolos saja yang nantinya akan diberikan informasi?
    Lalu jikalau diinfokan, harus nunggu selang waktu berapa hari ya kak?

  41. mas ulil yang baik hati, saya baru saja selesai test online english ability test nih. jarak pengumuman dari selesai english ability test, berapa hari ya kira2? dan tahapan selanjutnya apa kalaoau dinyatakan lolos? tengcuuu

  42. hallo mas ulil, saya baru saja selesai tes online. dan melihat tulisan mas ulil tentang proses seleksi di telkom. berdasarkan 3 tes yang sudah saya kerjakan (data confirmation, TKD & Value BUMN, dan English ability test) saya menggunakan dua PC yang berbeda. apakah akan mempengaruhi hasil tes nanti?

  43. Hai kak mau tanya, saya sudah tahap interview di telkom. Untuk pakaiannya itu gmna ya kak pakaian hitam putih atau bebas rapi? Terimakasih

    1. Bebas rapi, kemeja (bukan polo kerah) dan celana gelap disarankan. Pakai pakaian hitam putih juga oke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *