Tips Mencari Tiket Kereta Api Promo

Share Button

306997_reservasi-tiket-mudik-lebaran_663_382Kembali ngepost lagi nih, iseng-iseng saya mau ngebagi tips mencari tiket kereta api promo. Kereta api sekarang menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia, entah kereta api lokal atau kereta api jarak jauh. Walau sekarang harganya melambung, namun tetap saja tiket kereta habis saat waktu tertentu seperti akhir pekan atau libur panjang, contoh saja anda bisa lihat tiket kereta api ekonomi Progo (Pasar Senen – Lempuyangan) untuk keberangkatan 1-2 bulan kedepan di hari Jumat sudah habis karena diborong oleh pasukan PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad).
Di tengah antusiasme masyarakat terhadap kereta api, membuat PT. KAI sebagai pemain tunggal operator kereta api di Indonesia membuat beberapa terobosan, termasuk promosi-promosi yang digelar di tanggal tertentu. Nah kapan aja sih biasanya PT.KAI menyediakan tiket promo? Sebagai pencari ulung tiket promo, saya mau share periode PT.KAI ngasih tiket promo. Ngomong-ngomong, tiket promo hanya berlaku untuk kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi komersial, promo tidak berlaku pada kereta api ekonomi subsidi (PSO) seperti Tawang Jaya, Kertajaya, Pasundan, Progo, Bengawan, Serayu, Sri Tanjung dan kereta ekonomi PSO lainnya.

1. Promo Imlek

banner_tiket_gongxifatchai2015
Promo Imlek ini biasanya ada di bulan Februari berdekatan dengan perayaan tahun baru Imlek. Diskonnya sekitar 30% dari tarif batas bawah. Saya pernah dapat tiket Argo Sindoro seharga 168 ribu saat promo Imlek ini.

Tingkatan mendapatkan tiket promo: SEDANG

2. Promo X-Class

banner_tiket_xclass042015
Saya baru menemui promo ini di tahun 2015 ini, makanya ga bisa dipastikan tanggalnya, diskonnya sih sekitar 20% dari tarif batas bawah.

Tingkatan mendapatkan tiket promo: SEDANG

3. Promo Mudik Lebaran

banner_promo_mudik
Promo Lebaran ini biasanya dibuka beberapa bulan sebelum hari raya Idul Fitri, diskonnya bisa mencapai 60% dari tarif batas bawah. Tahun 2015 ini pemesanan tiket promo lebaran dimulai sejak tanggal 28 April (atau sekitar H-2,5 bulan lebaran). Kalau promo yang ini sih sulit banget, soalnya mendapat tiket mudik yang biasa (bukan promo) aja sudah sulit, nah itu berlaku untuk yang mudik ke arah Jabar, Jateng dan Jatim. Bagi saya anak Tangerang Selatan yang kuliah di Semarang, ketika pulang ke Jakarta mendapatkan tiket kereta api lebaran promo itu mudah. Sudah dua tahun ini saya selalu mengajak teman-teman pulang ke Jakarta memakai tiket kereta promo mudik lebaran. Tiga tiket Argo Bromo Anggrek (Semarangtawang-Gambir) saya bisa didapatkan dengan hanya 290 ribu saja, bahkan salah seorang teman kemarin bisa mendapatkan 19 tiket promo lebaran kereta Bangunkarta (Semarangtawang-Gambir) yang harga satu tiketnya sekitar 50% dari tarif batas bawah! Wow banget kan.

Tingkatan mendapatkan tiket promo: SANGAT SULIT (dari arah barat ke timur pada arus mudik dan dari arah timur ke barat pada arus balik)
Tingkatan mendapatkan tiket promo: MUDAH (dari arah timur ke barat pada arus mudik dan dari arah barat ke timur pada arus balik)

4. Promo Sumpah Pemuda

tiket-kereta-api-oktober
Promo ini hanya berlaku khusus untuk pelajar dan mahasiswa saja, karena dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Untuk mendapatkan tiket promo ini, hanya dapat dilayani dengan pemesanan langsung di stasiun besar yang melayani pembelian tiket kereta api jarak jauh dan dapatkan diskon harga tiket 28% dari tarif normal. Saya pernah mendapatkan tiket promo sumpah pemuda kereta Bangunkarta, lumayan bisa mendapatkan tiket kereta eksekutif di bawah 200 ribu.

Tingkatan mendapatkan tiket promo: MUDAH (tidak usah berebutan, cukup pesan langsung di stasiun dengan membawa fotocopy kartu pelajar/kartu tanda mahasiswa)

5. Promo Ulang Tahun PT.KAI

banner_tiket_promo70

Tahun ini PT.KAI berumur 70 tahun (28 September 2015), dalam rangka ulang tahun PT.KAI yang ke-70 maka PT.KAI mengeluarkan promo 70.000 kursi kereta seharga Rp.70 ribu. Promo ini dibuka mulai tanggal 7-28 September 2015. Alhamdulillah kemarin dapat dua tiket PP kereta api Gumarang dan Argo Anggrek Malam untuk sekedar balik ke Jakarta merayakan Idul Adha. Dan untuk promo ulang tahun KAI memang sepertinya rutin diadakan dari tahun ke tahun namun dengan bentuk dan jumlah promo yang berbeda.

Tingkatan mendapatkan tiket promo: SULIT (untuk kereta jarak jauh, seperti kereta ke Semarang, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya)

Tingkatan mendapatkan tiket promo: MUDAH (untuk kereta jarak menengah, seperti kereta ke Bandung dan Cirebon)

Nah berikut tips untuk mendapatkan tiket promo di atas:

  • Update informasi
    Pantengin dah tuh website KAI http://tiket.kereta-api.co.id biasanya PT.KAI nampilin promo apa yang lagi berlangsung melalui banner yang ada di website tersebut atau bisa juga pantengin twitternya di @KAI121
  • Bersiap
    Ketika udah tau kapan pemesanan tiket kereta promo dibuka, nah segera deh siap-siap, biasanya dimulai jam 12 malam tuh, dan jangan lupa gunakan koneksi cepat dan siapkan data-data penumpang, untuk tingkatan yang mudah biasanya tiket kereta promo ga langsung habis saat hari pembukaan pemesanan itu juga, keep calm aja.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
    Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti tiketkai.com dan tiket.com membantu anda untuk memesan tiket promo lebih cepat tanpa mengisi data-data penumpang lagi, anda tinggal menambah data-data tersebut jauh sebelum waktu tiket promo dibuka, jadi anda bisa selangkah lebih maju untuk merebut tiket promo yang anda inginkan
  • Estafet
    Nah jika akhirnya anda ga dapet tiket kereta api promo langsung ke tujuan anda, maka anda bisa mencoba estafet. Apa sih maksudnya? Jadi semisal anda ingin mencari tiket promo kereta api dari Jakarta ke Surabaya, nah kebetulan anda mengincar tiket promo kereta Argo Bromo Anggrek atau Gumarang, namun jatah promo untuk keduanya sudah habis, sedangkan yang masih ada jatah promo yaitu kereta api Taksaka Malam tujuan Jogjakarta dan Sancaka Pagi (Yogyakarta-Surabaya). Nah anda bisa mencoba untuk estafet melalui Jogjakarta atau Semarang, contoh: dari Jakarta naik Taksaka Malam ke Jogjakarta lalu dilanjutkan naik Sancaka Pagi ke Surabaya. Namun pastikan, ketika akan melakukan estafet jeda waktu kedatangan dan keberangkatan kereta di stasiun transit adalah minimal 1 jam, karena dikhawatirkan kereta yang pertama kita naiki terlambat tiba di stasiun transit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *