PTN yang tidak mau dinomorduakan, adakah?

Share Button

Halo-halo, kawan-kawan bagaimana? Kalian sudah fix dengan pilihan universitas dan jurusan kalian? Ingat, sekarang sudah memasuki masa pendaftaran SNMPTN 2013.

Ngomong-ngomong, pasti kalian seringkali mendengar kabar angin, yaitu beberapa PTN tidak mau dinomorduakan dalam SNMPTN. Apakah kabar itu benar?

pilihan kedua

Menurut pendapat saya, hal ini bisa 50% benar dan 50% salah. Benarnya adalah, pasti PTN itu pun mendahului para siswa yang meletakkan mereka di pilihan pertama, bukan berarti siswa yang meletakkan mereka di pilihan kedua itu tidak bakal terpilih. Bisa saja terpilih, namun peluangnya lebih kecil daripada siswa yang memilih PTN tersebut di pilihan pertama. Walaupun siswa tersebut lebih besar nilainya beberapa angka.

Saya mendengar dari salah satu guru BK di sekolah saya. IPB pernah berkata, “Tolong berikan kami data-data anak yang memilih IPB di pilihan pertama.” Nah apa artinya? Mungkin ada maksud terselubung disini. IPB hanya menggubris siswa yang memilih mereka di pilihan pertama. Dan untuk mereka yang meletakkan IPB di pilihan kedua, sorry sorry to say bagi mereka. Namun nyatanya? Coba lihat data yang dikumpulkan oleh admin @info_snmptn ini:

https://docs.google.com/open?id=0B-WcjQr2Bt7yZUFEa3Y3c2JmQjA

Bisa dilihat itu adalah data siswa yang diterima di pilihan kedua  SNMPTN Undangan 2012. Di sana banyak kok mereka yang diterima IPB, walaupun mereka meletakkan IPB di pilihan kedua. Di sana juga ada ITB, UGM, UNPAD, UNDIP, UNSOED, UNBRAW, ITS. Namun, saya tidak melihat UI di data tersebut. Entah memang benar apakah UI tidak menggubris mereka yang meletakkan UI di pilihan kedua, atau karena data tersebut kurang koresponden sampel.

Isu PTN yang tidak mau dinomorduakan ini mungkin akan terus merebak seiring dengan masa pendaftaran SNMPTN 2013 ini. Ya maklumlah saja, seperti yang sudah saya bilang di artikel sebelumnya, bahwa dalam SNMPTN ini kita butuh STRATEGI! Dan menyimak isu seputar PTN yang tidak mau dinomorduakan itu merupakan STRATEGI lho..

Tapi intinya, jangan sampai kalian mengorbankan pilihan kalian karena isu tersebut, apalagi isu tersebut belum pasti 100% kebenarannya. Saya sendiripun masih kurang yakin. Yang penting kalian memilih universitas dan jurusan sesuai passion dan kemampuan kalian saja. Jangan terlalu dipikirkan isu-isu yang mungkin akan menggoyahkan kemantapan hati kalian tentang jurusan yang sudah kalian pilih.

Oke, sekian artikel saya tentang PTN yang tidak mau dinomorduakan, terima kasih sudah mau membaca dan selamat belajar! Ganbatte kudasai!.

2 thoughts on “PTN yang tidak mau dinomorduakan, adakah?

  1. Kak mau tanya misalkan sekolah SMA nya di riau tapi snmptn mau daftanya di JAWA peluangnya gimna?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *