Hargailah Karya Orang Lain!

Share Button

Haah.. di detik detik menjelang SBMPTN ini ada saja hal yang membuat saya jengkel. Entah kenapa bandwidth hosting saya akhir-akhir ini melonjak. Padahal kunjungan ke blog saya kian menurun :(. Selidik punya selidik, ternyata ini akibat dari ulah oknum yang ga tau diri. Mereka mengcopas salah satu artikel blog saya: Soal SBMPTN dan SIMAK UI 2013Β dan beberapa artikel lainnya. Dan itu termasuk gambar yang ada di hosting saya!

38637176

Dan yang lebih menjengkelkan lagi, oknum ini tidak mencantumkan sumber ke blog saya ini. Mengharukan! Berikut beberapa blog oknum yang copas artikel dari blog saya. Sengaja saya kasih tanda * di URL nya supaya dia ga dapet backlink gratis dari blog saya:

    • http://13desember95*blogspot.com/2013/06/download-simulasi-online-soal-sbmptn.html (di blog ini, link menuju software yang saya upload pun diberi adf.ly, demi mendapat keuntungan dari setiap klik! sungguh terlalu)
    • http://suksessnmptndansbmptn*blogspot.com/2013/05/tips-mengerjakan-soal-tes-potensi.html
    • dan masih ada lagi, cuma saya cantumkan blog-blog yang menghabiskan bandwidth terbesar dari hosting saya.

Apakah ini karakter tipikal blogger Indonesia?. Saya yakin admin ketiga blog itu masih seumuran dengan saya. Memang saya juga pernah copy paste, cuma saya tau diri itu adalah hasil jerih payah orang lain. Dan saya pasti menambahkan link sumber ke URL aslinya, seperti ketika saya mengutip artikel dari blog Pak Anang (http://pak-anang.blogspot.com).

Bagi anda yang mempunyai blog di atas, tolong berubah ya. Hargai usaha dan share orang lain. Tidak semua orang ikhlas jika karya nya di copas begitu saja, apalagi sampai merugikan orang tersebut. Ya saya rugi! Bandwidth anda sedot lewat gambar dari blog saya yang anda tampilkan di blog anda, tapi ga ada visitor ke blog saya!

Darimana saya mendapatkan data di atas???

Halah, itu rahasia saya. Kalau mau sini nanti saya ajarin.

Oke kalau begitu, demikian sekelumit curhat dadakan menjelang SBMPTN. Lumayan buat nambah posting di bulan Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *