Hal-Hal Yang Perlu Dikuasai Sebelum Kuliah

Share Button

Judul artikel ini mungkin agak menggurui atau gimana ya, soalnya saya sendiri pun masih mahasiswa tingkat awal yang masih minim pengalaman dan masih dalam proses belajar juga. Tapi tak ada salahnya menyebarkan suatu ilmu. Artikel ini terinspirasi dari salah satu Hot Thread Kaskus. Menurut saya artikel ini perlu disebarluaskan bagi siswa-siswa SMA yang sudah kelas 3 dan akan menduduki bangku kuliah, terutama yang mau kuliah jauh dari orang tua. Berikut beberapa keterampilan yang perlu dikuasai sebelum seorang siswa menapaki bangku kuliah.

1. Tanggung Jawab Pribadi
Kehidupan kuliah tak bisa disamakan dengan kehidupan di SMP atau SMA. Saat kuliah (terutama yang jauh dari orang tua), seorang mahasiswa harus terbiasa hidup mandiri dan harus bertanggung jawab dengan diri sendiri. Apa yang kita lakukan dan perbuat kita lah yang harus bertanggung jawab. Tidak setiap masalah bisa dibebankan kepada orang tua atau orang lain.

2. Manajemen Waktu
Kedisiplinan merupakan salah satu penentu kesuksesan di bangku kuliah. Jadwal kuliah itu sifatnya tentatif, tidak seperti SMP/SMA yang sudah diatur setiap harinya sekitar tujuh jam. Jam kuliah ada yang pagi, siang, sore bahkan malam. Seorang mahasiswa harus bisa mengatur waktu, apalagi bagi yang aktif di berbagai kegiatan dan organisasi kampus.

3. Manajemen Keuangan
Bagi anak kost, manajemen uang ini sangatlah penting, berapa uang yang dikirim dan yang dikeluarkan untuk biaya makan, fotocopy bahan kuliah, dll. Jika tak bisa mengatur uang yang keluar, alih-alih di akhir bulan cuma bisa makan nasi sama garam. Salah satu cara mengatur uang adalah dengan berhemat. Berhemat disini tidak berarti sama dengan sangat berhemat, setiap hari makan sehari sekali, itu juga mie instan tanpa nasi. Kalau begitu bukannya menghemat, tapi mendzolimi diri sendiri.

4. Sosialisasi
Sebagai seorang mahasiswa, apalagi yang hidup di perantauan. Tentulah mahasiswa tersebut tak bisa hidup sendiri. Bersosialisasi dan bergaul bisa menambah teman, relasi di kampus maupun lingkungan sekitar kost. Karena tidak ada yang tau bagaimana kondisi kita ke depannya, bisa saja kita tiba-tiba jatuh sakit, atau mengalami suatu insiden. Nah di saat itulah kita bisa merasakan manfaat bersosialisasi.

5. Menghargai Orang Lain
Masih ada hubungannya dengan Sosialisasi, Menghargai Orang Lain atau bisa juga dihubungkan dengan etika adalah faktor penting jika ingin disenangi banyak orang. Karena di perantauan, jauh dari orang tua dan keluarga, masa sih mau mencari musuh dan dibenci orang?

6. Mengambil Keputusan
Ya atau tidak, baik dan buruk suatu hal bagi diri sendiri, sudah pasti seorang mahasiswa harus bisa memilihnya. Satu langkah yang salah akan berakibat buruk.

Demikian beberapa hal yang harus dikuasai bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, terutama bagi kalian yang ingin kuliah di luar kota. Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

One thought on “Hal-Hal Yang Perlu Dikuasai Sebelum Kuliah

  1. Tulisannya sangat membantu bagi teman2 yang baru masuk kuliah. Satu lagi mungkin tambahan dari saya yaitu mengubah tabiat malas. Jujur saja untuk kuliah rasa malas ini terkadang berdampak sangat signifikan sehingga menjadikan seorang mahasiswa akan telat lulus.

    Mampir di blog saya yach : http://rindutanahbasah.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *